Minggu, Desember 02, 2018

Cerpen Tak Mau Terpisah oleh Asa Amelia Mahardika

TAK MAU TERPISAH
Oleh : Asa Amelia Mahardika

Rintikan air yang turun dari langit mulai membasahi bumi, mengguyur kota Pemalang yang sudah lama rindu dengan kedatangannya.

"Syukurlah ... hujan turun. Mumpung lagi dingin gini, Mama mau Deo masakin apa?" Pandangannya beralih pada sesosok wanita paruh baya yang tengah duduk di kursi goyang dekat jendela.

Sang ibu tidak menjawab. Bukan karena tak mendengar atau alasan lain, tetapi beliau memang tak dapat berbicara seperti layaknya manusia normal.

"Deo masakin mie instan, ya? Atau ... pisang goreng?" Kembali anak lelaki berusia 17 tahun itu menawari berbagai aneka makanan hangat yang siap menemani di dinginnya malam.

Sosok ibu itu tidak akan bisa tergantikan. Dialah wanita super yang pernah Deo temui di dunia ini. Yang merawatnya hingga menjadi lelaki yang bertanggung jawab, displin dan berbagai sifat baik lainnya. Benar orang bilang, anak itu bagai lembaran kertas kosong, mereka lahir, dan berkembang dari yang menuliskannya. Siapa yang menuliskannya? Ya, lingkungan sekitar seperti keluarga.

Bagi Deo, ibu tak akan bisa terpisahkan sejauh apapun jarak yang terbantang. 'Pokoknya, Ibu harus selalu bersama Deo!' Begitu perkataannya dahulu, sampai sekarang Deo masih memegang teguh itu.

*** ***

"Sudah siaap ...!" Remaja berhidung mancung dan berparas tampan khas timur tengah itu menghampiri ibunya, sedikit berlari. Membawa sajian berupa pisang goreng dengan toping cokelat dan keju yang diparut, tak lupa juga susu kental manis sebagai pelengkap.

"Deo suapin, ya, Ma?" Disodorkannya sendok berisi potongan pisang goreng itu yang masih hangat, terlihat dari asap yang masih mengepul.

"Makan yang lahap, ya, Ma? Habiskan saja, Deo bikin banyak kok." Seulas senyum hadir di bibirnya. Tumpukan embun di pelupuk mata perlahan turun, bersamaan dengan derasnya hujan.

"Ma ..., Deo gak mau pisah sama Mama ...," bisiknya lirih seraya mengecup kening ibunya dan memeluk tubuh ringkuhnya itu yang hanya tersisa susunan tulang belulang.

- SELESAI -


Pur

Pur

Terima kasih sudah membaca disini


EmoticonEmoticon