Kamis, Mei 18, 2017

Cerpen Hilangnya Putri Emon Karya Mj Tinx

Tags

Cerpen Hilangnya Putri Emon Karya Mj Tinx
Cerpen Hilangnya Putri Emon Karya Mj Tinx

Hilangnya Putri Emon
Karya: Mj Tinx

Emon, ialah seorang putri di kerajaan Cerpenku. Parasnya yang cantik jelita, membuat banyak pangeran yang jatuh hati kepadanya. Pagi-pagi buta, Raja Yan Hendra, terkejut. Lantaran salah satu putrinya tidak ada di kamar--hilang dari kerjaan. Dia pun mengumpulkan patih, senopati dan prajuritnya.
“Adakah yang tahu sekarang putriku di mana? Kemana dia pergi?” tanya Raja Yan, khawatir. 
“Tidak Raja,” jawab mereka kompakan. 
“Aduhh! Bagaimana ini kanda?” tanya Ratu Sutini, cemas. Khawatir tentang keadaan Putri Emon.
“Tenang, tenang. Aku punya sebuah metode dalam kasus ini,” ucap Raja Yan memberi sebuah solusi.

Semua yang hadir dalam rapat dadakan kerajaan, merasa heran akan ucapan Raja Yan. 
“Metode apa Raja?” tanyanya bersamaan. 
“Metode Body Mapping, aku dapatkan dari guruku ketika bertapa di Gua Astonono, dekat Gunung Slamet.”

Dengan seksama, mereka pun mendengarkan apa yang dijelaskan oleh Raja Yan. Mula-mula dia mengambil sebuah kertas dan pena. Lalu, menggambarkan sebuah gambar, yang diibaratkan tubuh kita. (Lihat gambar di bawah)
@ Apa yang kita pikirkan ketika mendapati sebuah kasus, Putri Emon hilang? 
- Tentu pikiran kita akan mencari kemana sang putri pergi? Dengan siapa? Mengapa putri pergi dan tidak memberi kabar apa-apa? Bisa jadi diculik oleh seorang pangeran, bisa juga dibunuh, atau memang kabur dari kerajaan. 
@ Apa yang kita lihat?
- Banyak yang kita lihat. Bisa dicek dahulu, apakah kamarnya ada yang rusak atau memang semua keadaan baik-baik saja. Mungkin, Putri Emon meninggalkan sesuatu di kamar? Bisa dicek pula di tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh sang putri. 
@ Apa yang kita dengar? 
- Sebelum Putri Emon hilang, adakah yang mendengar sebuah teriakan? Atau suara orang minta tolong? Mungkin Putri Emon pernah curhat tentang hatinya, atau kisah cintanya? 
@Apa yang kita rasakan? 
- Tentu sedih, karena sang putri hilang secara tiba-tiba. Kasihan, takutnya sedang disiksa oleh penjahat, atau perampok. Khawatir, tentang keadaannya. Ada rasa ingin segera menolong, menemukannya, atau membantu Raja Yan. Dll.
@ Apa yang kita lakukan?
- Bila mendengar kabar tersebut, tentu kita akan mencarinya? Entah ke hutan, teman dekatnya, sahabatnya dll. Bisa pula membuat pengumuman di tempat-tempat umum. Agar, bila para rakyat melihat keberadaanya bisa segera melapor kepada Raja Yan.

Setelah menjelaskan metode tersebut, Raja Yan pun memerintahkan mereka semua bergerak, mencari Putri Emon. Dengan bukti-bukti yang ada, akhirnya Putri Emon dapat ditemukan. Ternyata dia tidak diculik, Putri Emon hanya jalan-jalan dengan Pangeran Bagus. Seorang pangeran yang dia cintai, berasal dari Negeri Awan Putih yang gagah dan pemberani. Dia pergi sebelum matahari terbit.
“Maafkan hamba ayahanda, putri janji bila pergi akan pamit dulu,” ujar Putri Emon sambil memeluk Raja Yan.
Ratu Sutini pun tampak bahagia. Dia tidak sedih lagi. Pangeran Bagus pun minta maaf, karena tidak memberitahu kepada Raja Yan, kalau salah satu putrinya sedang diajak jalan-jalan di Taman Anggrek.

*Selesai*


EmoticonEmoticon